Psikologi
keluarga
Teori-teori perkembangan
Kanak-kanak remaja dan dewasa awal
Tugas-tugas
perkembangan masa remaja
Usia 14 tahun saat saya masuk dibangku
smp saya mendapat perubahan terhadap fisik saya karena saya juga mulai
mendapatkan menstruasi pertama diantara perubahan itu adalah perubahan pada bentuk
fisik saya merasa senang saya juga mulai banyak bergaul dengan teman-teman
sebaya. Saya juga mengikuti ekskul marching band,PMR dll sehingga membuat saya
mempunyai banyak teman diluar teman-teman sekolah,saya suka apabila menjadi
pusat perhatian diantara teman-teman yang lain,saya suka apabila mendapat
pujian dari teman-teman saya terutama lawan jenis, saya juga mulai mendapatkan
kepercayaan dari orang tua untuk mengatur keuangan dan pengeluaran kebutuhan
sehari-hari,saya juga mulai tertarik dengan lawan jenis disekolah pada usia ini
pun saya juga mulai untuk berpikir mandiri saya ingin bisa membiayai sekolah
saya dengan hasil jerih payah saya sendiri orang tua memberi banyak nasihat dan
masukan agar saya bisa tumbuh layaknya remaja pada umumnya di usia ini saya
mulai belajar untuk mengendalikan keinginan saya, belajar mengendalikan diri
terhadap hal-hal yang tidak terlalu penting, belajar memahami diri saya dengan
kelebihan dan kekurangan yg saya punya. Pada bidang pendidikan saya mulai
belajar untuk bertanggung jawab terhadap tugas-tugas sekolah saya dan selalu
berusaha agar bisa mendapat nilai bagus dari tiap-tiap mata pelajaran yg saya
ikuti,saya selalu ingin tahu banyak hal yang menurut saya menarik waktu itu
saya juga mulai menetapkan cita-cita saya kelak
Tugas perkembangan yang dikemukakan
havigurs yaitu :
·
Remaja
mulai menerima keadaan jasmani dan menggunakannya secara efektif
·
Menerima
peran jenis kelamin sebagai pria dan wanita
·
Belajar
bergaul dengan kelompok remaja wanita dan remaja pria
·
Mengembangkan
skala nilai
·
Menginginkan
dan mencapai perilaku sosial yang bertanggung jawab
·
Mencapai
kemandirian secara emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
·
Secara
sadar mengembangkan gambaran dunia yang adekuat
·
Persiapan
mandiri secara ekonomi
·
Mempersiapkan
perkawinan dan berkeluarga
Tugas perkembangan kognitif menurut
piaget
Menurut piaget remaja masuk pada tahapan
operasional formal yaitu pada usia rentang 11 – 15 tahun dimana pada tahapan
ini remaja mulai
·
Mengambil
keputusan berdasarkan pengalaman nyata dan berpikir lebih abstrak,idealis,dan
logis
·
Mengembangkan
bentuk egosentrisme
Tugas perkembangan menurut kohlberg
Kohlberg membagi tugas perkembnagan
moral menjadi 3 yaitu :
·
Tingkat
satu (penalaran pra konvensional) tahapan ini merupakan tahap yang paling
rendah dalam teori kohlberg pada tahap ini anak tidak memperlihatkan
internalisasi nilai-nilai moral,penlaran moral lebih pada imbalan (hadiah)atau
hukuman yang bersifat eksternal
·
Tingkat
dua (penalaran konvensional)
Pada tahap ini
individu mentaati standar-standar tertentu,namun mereka tidak mentaati
standar-standar orang lain seperti orang tua atau masyarakat
·
Tingkat
tiga (penalaran pasca konvensional)
Ini adalah
tahapan tertinggi dala teori perkembangan moral kohlberg di tahap ini moralitas
benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pad standar-standar yang
dianut orang lain individu mulai mengenal tindakan moral alternatif,menjajaki pilihan-pilihan,dan
memutuskan berdasar pada kode moral yang diyakininya
DAFTAR PUSTAKA
Santrock. W. John. 2009. Psikologi
pendidikan edisi 3. Salemba Humanika: Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar