Resensi Buku By Princess Neesa: perkembangan anak • /* CSS Button Share */ • • .sharepost { • overflow:hidden; • text-align:center; • margin:20px auto; • } • .sharepost li { • width:19%; • padding:0; • list-style:none; • float:left; • margin-right:1.2%; • } • .sharepost li a { • padding:10px 0; • background-color:#aaa; • color:#fff; • display:block; • transition:all 0.3s linear; • } • .sharepost li a:hover { • opacity:1; • color:#fff; • transition:all 0.3s linear; • background:#444; • } • .sharepost li .twitter { • background-color:#55acee; • } • .sharepost li .facebook { • background-color:#3b5998; • } • .sharepost li .gplus { • background-color:#dd4b39; • } • .sharepost li .pinterest { • background-color:#cc2127; • } • .sharepost li .linkedin { • background-color:#0976b4; • } • .sharepost li:last-child { • margin-right:0; • } • .sharepost li .fa:before { • margin-right:5px; • } • .sharepost ul { • margin-left:20px; • margin-right:20px; • }

Rabu, 15 April 2015

perkembangan anak



Psikologi keluarga
Teori-teori perkembangan
Kanak-kanak remaja dan dewasa awal


 
 Tugas-tugas perkembangan masa remaja
Usia 14 tahun saat saya masuk dibangku smp saya mendapat perubahan terhadap fisik saya karena saya juga mulai mendapatkan menstruasi pertama diantara perubahan itu adalah perubahan pada bentuk fisik saya merasa senang saya juga mulai banyak bergaul dengan teman-teman sebaya. Saya juga mengikuti ekskul marching band,PMR dll sehingga membuat saya mempunyai banyak teman diluar teman-teman sekolah,saya suka apabila menjadi pusat perhatian diantara teman-teman yang lain,saya suka apabila mendapat pujian dari teman-teman saya terutama lawan jenis, saya juga mulai mendapatkan kepercayaan dari orang tua untuk mengatur keuangan dan pengeluaran kebutuhan sehari-hari,saya juga mulai tertarik dengan lawan jenis disekolah pada usia ini pun saya juga mulai untuk berpikir mandiri saya ingin bisa membiayai sekolah saya dengan hasil jerih payah saya sendiri orang tua memberi banyak nasihat dan masukan agar saya bisa tumbuh layaknya remaja pada umumnya di usia ini saya mulai belajar untuk mengendalikan keinginan saya, belajar mengendalikan diri terhadap hal-hal yang tidak terlalu penting, belajar memahami diri saya dengan kelebihan dan kekurangan yg saya punya. Pada bidang pendidikan saya mulai belajar untuk bertanggung jawab terhadap tugas-tugas sekolah saya dan selalu berusaha agar bisa mendapat nilai bagus dari tiap-tiap mata pelajaran yg saya ikuti,saya selalu ingin tahu banyak hal yang menurut saya menarik waktu itu saya juga mulai menetapkan cita-cita saya kelak
Tugas perkembangan yang dikemukakan havigurs yaitu :
·         Remaja mulai menerima keadaan jasmani dan menggunakannya secara efektif
·         Menerima peran jenis kelamin sebagai pria dan wanita
·         Belajar bergaul dengan kelompok remaja wanita dan remaja pria
·         Mengembangkan skala nilai
·         Menginginkan dan mencapai perilaku sosial yang bertanggung jawab
·         Mencapai kemandirian secara emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
·         Secara sadar mengembangkan gambaran dunia yang adekuat
·         Persiapan mandiri secara ekonomi
·         Mempersiapkan perkawinan dan berkeluarga
Tugas perkembangan kognitif menurut piaget
Menurut piaget remaja masuk pada tahapan operasional formal yaitu pada usia rentang 11 – 15 tahun dimana pada tahapan ini remaja mulai
·         Mengambil keputusan berdasarkan pengalaman nyata dan berpikir lebih abstrak,idealis,dan logis
·         Mengembangkan bentuk egosentrisme
Tugas perkembangan menurut kohlberg
Kohlberg membagi tugas perkembnagan moral menjadi 3 yaitu :
·         Tingkat satu (penalaran pra konvensional) tahapan ini merupakan tahap yang paling rendah dalam teori kohlberg pada tahap ini anak tidak memperlihatkan internalisasi nilai-nilai moral,penlaran moral lebih pada imbalan (hadiah)atau hukuman yang bersifat eksternal

·         Tingkat dua (penalaran konvensional)
Pada tahap ini individu mentaati standar-standar tertentu,namun mereka tidak mentaati standar-standar orang lain seperti orang tua atau masyarakat
·         Tingkat tiga (penalaran pasca konvensional)
Ini adalah tahapan tertinggi dala teori perkembangan moral kohlberg di tahap ini moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pad standar-standar yang dianut orang lain individu mulai mengenal tindakan moral alternatif,menjajaki pilihan-pilihan,dan memutuskan berdasar pada kode moral yang diyakininya


DAFTAR PUSTAKA
Santrock. W. John. 2009. Psikologi pendidikan edisi 3. Salemba Humanika: Jakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar